Laman

Sabtu, 01 Oktober 2011

Isola Bumi Siliwangi

Villa Isola – Villa bersejarah, peninggalan Belanda
Prilude.com – Isola Bumi Siliwangi atau yang dikenal dengan nama Villa Isola merupakan sebuah bangunan tua bergaya art deco yang dibangun pada jaman Belanda. Villa Isola terletak di sebelah kiri Jalan menuju Lembang (Jl. Setiabudhi – Bandung). Saat ini, villa Isola dipergunakan sebagai bangunan Rektor Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).
Villa Isola dibangun pada tahun 1933, milik seorang hartawan Belanda bernama Dominique Willem Berretty. Kemudian bangunan mewah yang dijadikan rumah tinggal ini dijual dan menjadi bagian dari Hotel Savoy Homann sebelum akhirnya dimiliki oleh UPI (dahulu IKIP Bandung). Gedung ini sempat digunakan sebagai kediaman sementara Jendral Hitoshi Imamura saat menjelang Perjanjian Kalijati dengan Pemerintah terakhir Hindia Belanda di Kalijati, Subang, Maret 1942. Gedung ini dibangun atas rancangan arsitek Belanda yang bekerja di Hindia Belanda Charles Prosper Wolff Schoemaker.
Villa Isola Bandung, foto oleh: Taofik Muhammad
Villa Isola Bandung, foto oleh: Taofik Muhammad
Gedung ini berarsitektur modern dengan memasukkan konsep tradisional dengan filsafat arsitektur Jawa bersumbu kosmik utara-selatan seperti halnya Gedung Utama ITB dan Gedung Sate. Orientasi kosmik ini diperkuat dengan taman memanjang di depan gedung ini yang tegak lurus dengan sumbu melintang bangunan kearang Gunung Tangkuban Perahu. Bangunan berlantai tiga, dengan lantai terbawah lebih rendah dari permukaan jalan raya, disebabkan karena topografinya tidak rata. Sudut bangunan melengkung-lengkung membentuk seperempat lingkaran.
Villa Isola masih terawat rapi sampai saat ini. Bahkan beberapa tahun terakhir pihak UPI telah melakukan banyak perbaikan di Isola, tentu saja tanpa merubah apapun dari bangunan tersebut. Meski bangunan tidak mengalami perubahan, namun taman disekitar villa Isola memliki banyak perubahan. Saat ini sedang dibangun  Isola Heritage, sebuah taman yang terletak persis didepan Villa Isola menghadap Kota Bandung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar