Laman

Jumat, 30 September 2011

Arsitektur Sasak Lombok Dengan Kemewahan Unsur-Unsur Modern

Sebagai pulau yang berdampingan dengan Bali, Lombok telah berkembang menjadi salah satu daerah tujuan wisata yang diminati wisatawan. Pulau Lombok juga menyediakan tempat untuk mereka yang ingin lebih tenang, jauh dari dunia luar, seperti Pulau Gili dengan tiga pulaunya Trawangan, Meno dan Air.

Di pulau ini tidak ada kendaraan bermotor yang mengganggu ketenangan. Lampu di malam hari sangat jarang namun sinar rembulan memenuhi seluruh area dengan langitnya penuh kerlip bintang. Di sinilah Anda menemukan Hotel Vila Ombak, merupakan hotel internasional pertama di atas pulau magis, sebuah tempat yang merupakan impian masa kecil yang berpadu dengan kenyamanan akomodasi serta keindahan alami sebuah pulau kecil tropis nan eksotik.

Hotel vila ini berada di pulau Gili Trawangan, 10 menit ke arah Barat Daya dari pulau utama Lombok. Memiliki pemandangan bawah laut dan pantai yang bersih serta tenang, membuat Anda seakan-akan hidup di dunia lain. Hamparan laut biru yang dibalut gugusan pulau indah menghadirkan pemandangan resort ini sukar untuk dilupakan.

Hotel ini memiliki 60 Lumbung Hut dan Bungalow dengan pendingan udara. Bangunannya dirancang secara tradisional khas arsitektur masyarakat Sasak, dua lantai restoran besar, satu bar pantai dengan restoran pantai dan pizzeria, spa dengan treatment kecantikan dan perawatan tubuh, juga Vila Ombak Diving Academy yang sangat terkenal. Fasilitas lainnya meliputi lobby lounge, kolam renang tiga level dengan pool bar, rumah joglo tradisional, toko suvenir, dan obat-obatan, serta sebuah klinik kecil yang melayani masyarakat di pulau.
Tak ketinggalan sunbathing mewah,  di malam hari kita bisa menikmati sinar bulan dan bintang. Sebuah lounge di samping beach bar sepanjang 200 meter dengan view tanpa tanding kepulauan terdekat dan gunung Rinjani di Lombok yang menakjubkan.

Superior Lumbung Hut Rooms: sebuah konsep dimana arsitektur Sasak tradisional Lombok dipadukan dengan kemewahan unsur-unsur modern dengan cara yang unik. Atap lumbung tradisional berfungsi sebagai lantai ruang tidur di atasnya yang bisa dicapai dari balkon besar, sebuah living room yang luas di ruang terbuka di bawahnya. Bathroom besar semi terbuka di sebelahnya bisa dicapai melewati ruang tidur dengan menggunakan tangga.

Superior Lumbung Hut Room ini didukung dengan fasilitas seperti private balcony yang terletak di sebelah ruang tidur dan dilengkapi dengan dua sundeck-chairs. Ruang tidur dengan atap rumput terletak di lantai dasar yang memiliki kasur double.
Kamar mandi semi terbuka di tengah kebun juga terletak di lantai dasar. Mempunyai sebuah shower air laut dan air bersih serta fasilitas toilet. Living room terbuka di lantai dasar di bawah atap lumbung dan terasnya. Dilengkapi bale tempat bersantai dengan kelambu yang bisa dipesan meskipun jarang dibutuhkan.

Deluxe Family Bungalow Rooms: cocok bagi keluarga karena bentuknya setengah rumah dengan kamar tidur luas yang memiliki bale dapat menyatu dengan ruangan yang bisa pula digunakan sebagai tempat tidur anak-anak atau orang tambahan.
Masing-masing ruangan mempunyai twin beds yang bisa dipindahkan menjadi satu tempat tidur besar. Kelambu tersedia bila diperlukan. Semua kamar Deluxe Family Bungalow dilengkapi kamar mandi besar semi terbuka.

Di Deluxe Rooms, ada area bale yang luas untuk bersantai di siang hari yang dengan mudah bisa diubah menjadi tempat tidur yang nyaman bagi keluarga. Kamar mandinya semi terbuka dan Anda bisa menikmati shower dengan pemandangan langit di sebelah kebun kecil.

Restoran dirancang menghadap laut dan Gunung Rinjani yang menjulang dengan tinggi 3.726 meter di bawah permukaan laut yang juga populer sebagai sumber air panas.  Restoran dua lantai ini terasa nyaman dengan dekorasi seni dan kerajinan khas masyarakat Sasak.

Bersantai di salah satu sudut yang hangat atau duduk di luar di teras pantai menikmati ombak, manjakanlah selera Anda dengan salah satu dari banyak pilihan menu lezat. Mulai musim panas 2006 akan hadir satu restoran di pantai.

The Vila Ombak Diving Academy: satu-satunya Dive Centre di Indonesia yang menerima penghargaan untuk “Outstanding Commitment for the PADI system of education,” Sistem pendidikan PADI yang diakreditasi dengan Dive Centre bintang lima dan Gold Palm Resort.

Perawatan kencantikan dan pijat tradisional dengan memadukan keterampilan tradisional Timur dengan teknologi modern Barat, staf profesional spa menawarkan serangkaian perawatan kesehatan dan kecantikan yang dipersembahkan untuk memanjakan baik pikiran maupun tubuh. Kami menciptakan sebuah dunia kedamaian dan kenyamanan di mana aroma, suara dan warna berpadu untuk merileksasi, menyegarkan dan menghidupkan seluruh indra Anda.

Mengingat Gili Trawangan memiliki sedikit air bersih, pihak manajemen hotel villa  memutuskan akan tidak pantas bila mengakses sumber air bersih yang sangat terbatas untuk keperluan shower para tamu. Itulah mengapa air pada shower di kamar mandi berupa air asin. Air bersih yang ditampung di gentong tradisional di kamar mandi dipergunakan tamu untuk membilas. Air panas tersedia di seluruh ruangan.

Lokasi Pulau Gili Trawangan yang merupakan pulau terbesar dari ketiga kepulauan Gili di Barat Daya Pulau Lombok merupakan pulau bermandikan matahari dengan pantai yang dikelilingi air bersih nan indah dengan kehidupan lautnya yang memukau.

Bersantai menikmati kehidupan di bawah air yang luar biasa dengan snorkeling atau scuba diving. Menjelajah mengelilingi  pulau sepanjang 8 km dalam Cidomo semacam andong tradisional khas Lombok. Anda bisa menikmati siluet gunung Agung di Bali dan Gunung Rinjani di Lombok. Mengingat pulau sunyi ini tidak jauh dari Lombok, Anda bisa ulang-alik mengadakan tur siang hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar